Selasa, 15 November 2011

GLOBAL WARMING

Global Warming merupakn suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan laut. Hal ini terjadi karena perilaku manusia yang berlebihan dalam memanfaatkan alam.Banyak pohon-pohon yang merupakan paru-paru dunia ditebang untuk lahan perumahan sehingga tanah menjadi gersang dan lahan untuk resapan air pun menjadi berkurang. Ini berakibat semakin menipisnya lapisan ozon yang merupakan lapisan pelindung bumi dari pancaran matahari langsung.

Penipisan lapisan ozon ini berakibat pada kehidupan di bumi, terutama cuaca. Sekarang ini cuaca di bumi semakin ekstrem saja misalnya pada musim panas, cuaca sangat panas sekali dan pada musim dingin cuaca sangat dingin sekali. Selain itu jika global warming ini terus terjadi maka cuaca di bumi pun akan semakin panas saja .

Global Warming ini bukan yang pertama kalinya, karena berjuta-juta tahun yang lalu juga pernah terjadi di jaman es yaitu melelehnya es yang berada di kutub utara sehingga air di permukaab laut naik menjadi 150 m. Dan tidak menutup kemungkinan hal ini bisa terjadi lagi. Fenomena seperti ini juga terjadi di Jakarta, karena setiap tahunnya tanah Jakarta turun 10cm. Hal ini terjadi karena Jakarta banyak dibangun bangunan-bangunan sehingga menutup lahan hijau. Selain itu juga karena kesalahan pemerintah, karena seharusnya lahan hijau yang tersedia di Jakarta yaitu 30% dari luas selaruh Jakarta, namun kini yang tersisa hanyalah tidak lebih dari 10% sungguh jauh dari rencana.

 Gambar es di kutub mencair

Ini merupakan salah satu bukti bahwa manusia yang mengeksploitasi alam secara berlebihan. banyak pohon-pohon yang ditebang untuk kepentingan ekonomi semata. Dan lahn pohon yang ditebangi itu tidak ditanami tanaman kembali. Selain dari penebangan liar alat teknologi pun berpengaruh. misal, dalm penggunaan listrik yang berlebihan, bahan bakar minyak yang berlebis, penggunaan AC, Kulkuas dan masih banyak lagi. Itu juga berpengaruh pada menipisnya lapisan ozon kita.

Bayangkan jika lapisan ozon kita semakin menipis dan akhirnya habis, btapa panasnya bmi kita ini. Oleh karena mulai dari sekarang kita harus hidup lebih ramah lingkungan. Selain itu juga sekarang pemerintah mulai menggalakan penanaman seribu pohon atau yang biasa disebut dengan Go Green. Ayo kita rawat bumi pertiwi kita agar kelak anak cucu kita juga bisa menikmati bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar